Tuesday, July 11, 2017

ZF Aftermarket Semakin Dekat ke Produsen Otomotif di Indonesia

Hanggi Martyas Laksono | 12-Jul-2017


JAKARTA (DP) – Pemasok produk after market asal Jerman, Zahnradfabrik Friedrichsafen (ZF) Aftermarket, mulai membidik serius pasar otomotif di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan diresmikannya PT ZFAG Aftermarket Jakarta, Selasa (11/7), di Jakarta Pusat.

Kehadiran PT ZFAG Aftermarket Jakarta, selain akan memperkuat layanan dan pengembangan jaringan distribusi di Indonesia. Juga membantu pabrikan mobil untuk mendapatkan produk after market ZF bisa lebih cepat, yang sesuai dengan kebutuhannya.

Menurut Cakra Wiyata, Direktur PT ZFAG Aftermarket Jakarta, jika dahulu APM yang membutuhkan suku cadang ZF, mereka harus mendatangkan langsung dari Jerman atau Singapura dengan jumlah tertentu, hal tersebut tentu memerlukan proses yang cukup panjang.

“Sekarang kami sebagai distributor resminya, jadi seberapa pun jumlah part yang dibutuhkan kami sediakan. Maka pabrikan mobil yang agen pemegang mereknya ada di sini sudah tidak repot,” tambahnya.

Tak hanya menyediakan layanan penyedia part aftermarket saja, jika ada APM yang mau mengembangkan suatu teknologi, PT ZFAG Aftermarket Jakarta ini juga bisa sebagai suplai komponennya.

“Seperti transmisi, misalnya ada suatu merek mobil ingin mengembangkan teknologi transmisi, maka nanti tim R&D kami duduk bareng, diskusi dengan pabrikan tersebut untuk mengembangkan part tersebut, nah kami jadi OEM (Original Equipment Manufactur) suplainya,” beber Cakra.

Selain itu, lebih lanjut Cakra menambahkan, ZFAG Aftermarket juga menyediakan jasa servis dan training produk. Misalnya di kawasan Kalimantan ada perusahaan yang memakai truk multi merek, ZFAG Aftermarket Jakarta akan menyediakan teknisi untuk layanan servis jika truk-truk tersebut memakai produk ZF.

“Kami juga memberikan jasa service dan training produk kepada APM, atau diler-diler yang ditunjuk. Seperti Hino misalnya, menunjuk sebuah diler untuk kami training mekaniknya mengenai produk kami, maka kami akan berikan jasa tersebut,” terang Cakra. [dp/Hml]

https://dapurpacu.com/345541/zf-aftermarket-semakin-dekat-ke-produsen-otomotif-di-indonesia/?utm_source=tag-box



No comments:

Post a Comment