Tuesday, July 11, 2017

Produsen Komponen Asal Jerman Resmi Masuk Pasar Indonesia

Khairul Imam Ghozali – detikOto

ZF aftermarket atau produsen komponen asal Jerman masuk Indonesia Foto: Khairul Imam Ghozali

Jakarta - Produsen aftermarket Jerman, ZF resmi memasuki pasar tanah air lewat PT ZFAG Aftermarket Jakarta. ZF Aftermarket ingin mempermudah pelayanan kebutuhan pelanggan.

"Kami juga berkomitmen untuk terus menerus menyempurnakan diri agar dapat memuaskan pelanggan lebih baik lagi," ujar Direktur PT ZFAG Aftermarket Jakarta, Cakra Wiyata, di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Setelah peresmian ini, lanjut Cakra mengatakan, PT ZFAG Aftermarket Jakarta akan memperkuat layanan dan pengembangan jaringan distribusi di Indonesia.

"Sebagai persiapan dalam menghadapi kebutuhan pasar lokal dan menyediakan portofolio produk yang lebih lengkap. Saya yakin, hal ini dapat membuat ZF Indonesia unggul di aftermarket," tuturnya.

Selain itu Cakra juga mengatakan pihaknya yakin produknya diterima oleh konsumen Indonesia. "Produk ZF telah terbukti kesuksesannya secara global, hal ini memberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kami secara lebih luas di Indonesia," lanjutnya.

ZF sendiri merupakan pemasok otomotif global untuk teknologi driveline dan sasis, serta teknologi pengamanan aktif dan pasif.

Dengan hadirnya ZF di Indonesia, konsumen tak perlu lagi memesan barang ke Jerman atau lewat negara Asia lain seperti Singapura.

"Jadi misalnya oh saya enggak mau beli di Singapura, atau enggak mau beli pakai Euro, saya mau belinya di Indonesia, nah kita bisa bantu," ujar Cakra.

Dengan demikian, konsumen akan diuntungkan baik dari segi waktu, maupun biaya untuk mengambil persediaan barang.

"Kalau misalkan dia sebagai importir, nunggu barang dari Jerman mungkin satu bulan baru sampai, dan ordernya mesti bayak, setengah kontainer atau satu kontainer, tapi mungkin kita bisa bantu di sini, yaudah stoknya kami yang keep deh, jadi kamu belinya seminggu sekali saja, jadi kalau dia mesti nyetok dua bulan, dia mungkin cuma sedikit-sedikit saja, begitu abis dia beli lagi," tuturnya.

Namun terkait penjualan barang langsung ke tangan konsumen, kata Cakra tetap melalui distributor, importir, atau toko-toko tertentu yang merupakan konsumen dari PT ZFAG Aftermarket Jakarta.

"Kalau interm of distribution, interm of service, enggak ada perubahan sebenarnya, mereka yang tetap ke customer dan sebagainya. Hanya sekarang kita bantu, kan tentu ada keterbatasan, misalnya komunikasi, dengan adanya berubah jadi PT, service kita bisa lebih luas," ungkapnya.

Sedangkan untuk menjadi konsumen PT ZFAG Aftermarket Jakarta, kata Cakra tidak ada syarat khusus. Namun tentu ada syarat-syarat umumnya, yaitu selalu siap untuk melayani kebutuhan pasar.

"Tentunya sebelum kita menunjuk mereka jadi distributor, itu ada syarat, kayak dia harus ada target, dia harus mau nyetok. Karena begitu saya komit satu diler untuk daerah tertentu, kan kita declare ke market, oh kalau ada apa-apa ke orang ini ya, tahunya dia ga punya stock, dia enggak ada orang yang follow up, nah itu kan kita audit juga, dia harus komit di situ, harus bisa layanin market," tutupnya. (khi/lth)

https://oto.detik.com/mobil/d-3555904/komponen-asal-jerman-resmi-masuk-pasar-indonesia
http://bolabanget.id/teaser/631320/komponen-asal-jerman-resmi-masuk-pasar-indonesia

No comments:

Post a Comment