Wednesday, September 17, 2014

Perusahaan Komponen Jerman Siap Pasok Innova dan Avanza

Muhammad Ikhsan - detikOto
Selasa, 29/05/2012 18:22 WIB
Halaman 1 dari 2
Jakarta -Pemasok komponen otomotif asal Jerman ZF Friedrichshafen sudah terbiasa menawarkan komponen untuk mobil asal Eropa di Indonesia seperti Mercy, BMW dan lain-lain. Tentu tidak itu saja, ZF Friedrichshafen kini mulai merambah ke mobil merek Jepang sebut saja Toyota dan Honda di Indonesia.

Langkah tersebut sejalan dengan perkembangan pasar mobil di Indonesia yang kian pesat. Untuk Toyota dan Honda, ZF Friedrichshafen menyiapkan shockbreaker mobil Toyota Innova, Avanza dan beberapa mobil Honda dalam bentuk after market.

"Jadi bukan OEM (original equipment manufacture). Tapi after market yang sudah didesain khusus," kata General Manager ZF Friedrichshafen Asia Pasific Pte. Ltd (kantor perwakilan di Indonesia) Cakra Wira Wiyata di Jakarta.

Menurutnya sparepart khusus mobil Jepang tersebut sudah berjalan sekitar 2 tahun lalu. Awal mula ketertarikan ZF Friedrichshafen mengembangkan sparepart untuk Toyota dan Honda datang ketika berhasil memasok komponen untuk mobil Malaysia, Proton sekitar 5 tahun silam.

Karena keberhasilan itu mereka pun kini mencoba memenuhi keinginan konsumen mobil Jepang di RI yang menginginkan shockbreaker berkualitas.

"Ini tidak secara besar-besaran. Awal development mulai dari Malaysia sejak 5 tahun lalu dan di Indonesia 2 tahun lalu," ucapnya.

Jika ekspansi tersebut berhasil bukan tidak mungkin ZF Friedrichshafen yang juga terbiasa memasok komponen kendaraan bus dan truk komersial itu menyediakan komponen lainnya sebut saja transmisi. Tapi sayang untuk itu belum dilakukan pasalnya hingga kini belum ada permintaan dari para produsen mobil Jepang.Next

No comments:

Post a Comment