Thursday, September 18, 2014

Asia-Pasifik sumbang seperlima laba ZF Global 2012

Selasa,  18 Maret 2014  −  15:15 WIB
Asia-Pasifik sumbang seperlima laba ZF Global 2012
Foto: Ilustrasi
Sindonews.com - ZF, pemasok suku cadang otomotif dunia asal Jerman, mulai serius menggarap bisnis suku cadang transmisi di Indonesia. Indonesia diprediksi akan menyumbang dari sepertiga pendapatan global ZF yang masuk dari Asia-Pasifik.

"Walau perkembangan bisnis seakan lesu di awal tahun, namun kami tetap optimis. Selama bisnis transportasi, mining, dan logistik masih berjalan kami akan tetap hidup. Karena bisnis otomotif suku cadang menempel disitu," ungkap General Manager ZF Asia Pasific, Cakra Wira Wiyata kepada media di Grand Indonesia, Selasa (18/3/2014).

Media luncheon yang digelar ZF juga membahas mengenai pencapaian ZF pada 2013, serta kesiapan menghadapi trend dan persaingan bisnis melalui inovasi produk dan teknologi terbaru yang disiapkan. Kendati enggan mengkonfirmasi jumlah target penjualan tahun ini, tetapi Cakra mengisyaratkan promosi tahun ini akan kencang di Indonesia.

"Pencapaian ZF secara global tahun 2012 sebesar 17 miliar euro, target tahun 2015 akan naik menjadi 20 miliar euro dan tahun 2025 mencapai 45 miliar euro," terang Cakra.

Kehadiran ZF di Indonesia dapat dirunut pada 2001 dengan membuka kantor perwakilan di Jakarta. Fokus pada penyedia suku cadang original equipment manufactures (OEM) di bidang driveline dan chassis untuk produk kendaraan Eropa misal BMW dan Mercedes-Benz, ZF kini rambah suku cadang bus dan BRT (Bus Rapid Transit) dan truk berat perusahaan tambang.

Salah satunya ialah Teknologi transmisi otomatis 6-speed ZF-Ecolife yang didesain untuk bis dalam kota. 2007 ZF transmisi ZF Ecomat diadopsi oleh perusahaan bus antarkota termasuk PT Mayasari, Safari Dharma Raya dan sekitar 300 bus TransJakarta. Kini ZF juga menyuplai transmisi untuk Hino FM260 dan Isuzu FVZ GIGA .


(dol)

No comments:

Post a Comment